just talk to my mom!

Just talk to my hand mom!

Gue mungkin satu dari satu ribu cewek di Indonesia yang punya nyokap konvensional banget. Hmmm… sebenarnya emak gue cukup berjiwa muda dan enerjik. Tapiiiiiii, kalo soal pacar….. wuih, mulai dah otoriternya. Yapz! Gue, cewek 19 tahun, yang dapat kutukan untuk: tidak boleh berpacaran dulu sebelum lulus kuliah!! What a silly things, I think! Di zaman edan kayak gini, masih aja ada peraturan-peraturan keluarga yang menggelikan seperti itu, khusunya buat gue: anak cewek paling bontot! Gue bukan berasal dari keluarga yang tinggal di pedesaan yang masih memungkinkan hidup dengan peraturan-peraturan kuno bin konvensional kayak gitu. Keluarga gue pun bukan keturunan ningrat atau keturunan keraton gajah mungkur… Wong bokap gue juga gak mempermasalahkan soal itu, kok. Cuman emak gue! Unik, kan?? *gak tau, dah ini tergolong unik bin langka pa kgak*

Habis, gue heran ajah. Kok, masih ada yah, orang tua yang ngebuat undang-undang kayak gitu. Padahal, kakak gue pun berhasil lolos darikutukan itu. Sekarang kakak gue udah punya “teman sepermainan” walaupun kadang nyokap masih suka ngerasani juga… beuh.

Setau gue juga, waktu jaman muda dulu nyokap mah biasa-biasa aja, tuh. Eyang gue juga gak pernah ngelarang-larang nyokap wat pacaran. Malah, nyokap pernah cerita kalo dia juga pernah deket sama beberapa cowok. Wajar, lah… banyak orang yang akan selalu masuk dalam kehidupan kita. Tapi, nyokap kok kesannya malah “balas dendam” ke gue, yak…

Sebenarnya, nyokap sempat sedikit member gue kesempatan dengan berkata seperti ini waktu gue SMA, “Mama mah gak ngelarang kamu deket sama siapa-siapa, dik… Yang penting, kalo mau pacaran, jangan dulu, deh. Tunggu sampai selesai kuliah nanti… Yang penting, belajar dulu…” Duh, gue harus meneruskan cita-cita Kartini, deh!

Even, saat terakhir gue ultah april 2008 yang lalu pun, di akhir pembicaraan lewat telpon, nyokap bilang kayak gini: “Dik… jangan pacaran dulu, iah… Belajar sing bener…” WUEHH???? Hidup Kartini!!

Dulu, gue emang sempat setubuh, eh setuju banget sama motto hidup dari nyokap gue: “pacaran setelah lulus kuliah”. Malah, itu gue dijadiin sebagai prinsip hidup sejak gue SD sampe SMA pertengahan (hagz). Tapi, itu jauh sebelum gue merasakan yang namanya SALING suka sama seseorang.

Waktu SMA, gue hampir melawan prinsip gue sendiri. Gue benar-benar harus berpikir dingin agar bisa memberikan keputusan yang tepat. Tepat buat gue dan nyokap! Jujur, gue emang anak yang takut sama nyokap banget. Yaaa… gimana kagak… Walaupun gue udah pinter-pinter nyembunyiin sesuatu, pasti emak gue tau busuknya gue. *instingnya udah kayak mentalis dedi kobuset aja, dah emak gue!* makanya, gue kapok, dah kalo disuruh main petak umpet sama nyokap. Untungnya, walaupun gue ditantang berkali-kali dengan pertanyaan yang bertubi-tubi waktu itu, akhirnya gue tetap masih bisa mempertahankan cita-cita Kartini punya emak gue… Hufff… Rada bangga juga, sih bisa melawan hati iblis untuk membangkang dari orang tua… hohohooo…

.itu dulu…

Sekarang… kutukan itu kembali jadi beban perasaan gue lagi. Gak tau harus gimana lagi untuk melepaskan kutukan itu. Teman-teman pun gak berkomentar banyak…

“Backstreet aja dulu… sapa tau nti mamamu bisa nerima…” *iya, pas ketauan, gue langsung dibacok!*

“Mending dia suruh ngomong sama mamamu… Sapa tau mamamu luluh…” *mending kalo luluh… Kalo malah tambah esmosi??!!!*

“Kamu ngomong lah sama mamamu kalo perasaan itu gak bisa diajak kompromi…” *no excuse wat nyokap!*

Banyak banget saran sirin dari teman-teman dan sahabat… Tapi, gue masih amat sangat ngeri untuk mencoba. Gue tau, kejujuran itu memang menyakitkan. Tapi, gue takut akan ke depannya. Pasti, akan tambah banyak masalah. Apalagi, gue sekarang jauh banget dari nyokap. Beliau pasti bakal parno sama anaknya. Pasti nanti bakal muncul asas ketidakpercayaan lagi sama gue. Lalu, nanti bakal muncul praduga bersalah dah sama gue. Tiap hari gue bakal dipantau liwat tilpon. Nanyain gue lagi di mana, lah. Sama sapa. Lagi berbuat apa, lah… Udah kayak lagunya Kangen Band yang Yolanda aja, dah! Wadoooh…. Piye, jal??! Atau, gue harus membekukan perasaan gue ini supaya gak ngerasain yang namanya rasa saling CINTA?? Kalo gue bertepuk sebelah tangan, mah gak apa-apa. Gue udah terbiasa dengan itu. Tapi, kutukan itu bakal bikin gue gregetan kalo gue menemukan seseorang untuk ngejalanin hubungan bersama!!

“Udah… kan, sama-sama suka… pacaran ajah…” Banyak yang bilang kayak gitu.

Sayangnya, gak se’simple ngorek upil dalam idung!

Semuanya akan semudah itu kalo gue gak dapat kutukan sejahanam itu…

Mungkin, gue emang harus membekukan segala yang ada dan mencairkan hati gue untuk emak gue yang tercintah. Mungkin, ini waktunya yang tepat gue harus ebrbakti sama emak gue seblum gue menyesal nantinya. We’ll never know about tomorrow. Penyesalan itu bakal bikin kita sakit nantinya. Entahlah, mungkin memang sudah ditakdirkan untuk hidup dengan kutukan seperti itu. Inilah yang buat diri gue ngerasa beda dengan orang lain. Di saat eyang, bude, pakde, dan tante gue pengen gue dapat cowok,,,, emak gue malah melarang gue untuk itu… hahaha… Lucuh ajah.

Gue udah give up sama kutukan tersebut. Paling gak, itu bisa buat motivasi gue untuk cepat-cepat menyelesaikan studi gue dan biar langsung bisa kerja… *Gak langsung pacaran???* Hahaha…

Emang siiii, ada yang bilang kalo kutukan itu bukanlah suatu kutukan! Itu adalah amanah dari orang tua dan gue harus menghargai hal tersebut. Just enjoy my life, like my favorite things: “ngupil!!” and in fact, I’m enjoying it now!! Soal Si Dodol pun udah selesai! Thanks, u’ve made me be more mature… thanks for the rainbow!

Hidup Kartini!!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s