buat daftar isi, yuk!


ilmu gak cuman yang ada di matakuliah doang!”, itu lah hikmah yang saya petik dari pembelajaran waktu itu. Sekitar semester lima di tahun 2009 kemarin, saya sedang menjalani kelas Metode Penelitian Komunikasi I (Kuantitatif) di ruang 4304 (kalau tidak salah). Saya duduk di bangku deretan tengah, nih. Sempet grogi juga sih karena melihat sekeliling adalah anak angkatan 2008 yang sedang menjalani semester 3-nya.

Baiklah, sebagai asisten dosen yang baik.. saya perhatikan benar-benar gerak-gerik dosen saya di depan. Kalau gak salah, pada waktu itu masih membahas susunan proposal penelitian nantinya. Hingga tiba saatnya, sang dosen pun memberikan ilmu baru bagaimana membuat DAFTAR ISI yang rapi! Hmm, keliatannya memang sepele, tapi.. jujur! Saya baru tau sekarang bahwa membuat daftar isi dapat dilakukan dengan membuat table terlebih dahulu. Ya! Sejak jaman sekolah dasar dulu, satu-satunya cara yang cukup baik adalah dengan melakukan pergeseran menggunakan tombol tab.

Bagi yang sudah tau, beruntunglah Anda sudah mengetahuinya. Bagi yang masih bingung menggunakan teknik ini, saya akan member tutorial sedikit. Tutorial ini saya coba praktekkan bagi pengguna Microsoft Word 2003, kalau pake Word 1997, disesuaikan saja ya untuk peletakkan tools-nya. Pada intinya, mudah sekali kok, caranya!🙂
1.Buka Microsoft Word
Seperti ingin mengetik sesuatu, bukalah file lama atau buat new document

2.Mulai membuat table
Pilih menu insert > pilih table > pilih yang dua kolom aja. Toh, kan kolom digunakan untuk nama Bab dan halaman. Kalau membutuhkan 3 kolom untuk penomoran, tinggal disesuaikan saja. untuk jumlah baris pun disesuaikan dengan kebutuhan.

3.LebarTabel disesuaikan
Penyesuaian lebar kolom tabel tergantung nanti mau ditempatkan apa. Misalnya, untuk kolom halaman, ya.. disesuaikan lah lebarnya. Coba ketik halaman dengan dua digit angka, nantinya lebar kolom menyesuaikan.

4.Mulai ngetik, yuk!
Setelah disesuaikan, mulailah mengetik seperti biasa. Jangan lupa, ukuran dan jenis font juga diatur sesuai dengan kebutuhkan. Bahkan, atau spasi pengetikkan. Kalau mau bikin spasi ganda, tinggal blok tabel dan pilih tools line spacing. Nikmatin aja, yak! *apa to?*
Ps: untuk kolom nomor, sebaiknya dipakein rata kanan aja, yak.. biar nanti rata, gitu..

5.HILANGKAN TABEL!
Nah, kalau udah.. tabel di blok lagi, yuk! Perhatikan pelan-pelan nih.. Buat yang mau pake model “titik-titik”, harap hati-hati.. tambahin titik-titik itu pelan-pelan kalau sudah memenuhi di ujung menuju kolom halaman. Blok tabel, kemudian arahkan krusor ke menu border. Kemudian, pilih lah yang NO BORDER! Ingatlah, yang NO BORDER, okay?!

Olala! Bimsalabim! Lihatlah hasilnya!

Mudah dan cukup praktis, kan?
Titik-titiknya pun gak mencong sana sini, kan? Hehehe…

Tips saya barusan emang sepele banget, tapi.. saya pikir, ini cukup berguna juga lho.. Jujur, saya benar-benar baru tau setelah dosen saya menunjukkannya di kelas. Ternyata memang benar, yang terpenting adalah ‘the (wo)man behind the gun’ ! Halah! Buktinya, aplikasi tabel pun bisa digunakan untuk membuat daftar isi. Hehehe..

Pada kenyataannya, ada lho teman saya yang harus revisi laporan Kuliah Kerja Lapangan hanya karena daftar isi-nya tidak rapi, mencong sana sini, gitu.. Makanya, saya cukup berbahagia sekali karena mendapat pengetahuan yang LUAR BIASA ini! Bahkan, dengan cara ini, tidak memakan waktu lama.

Well, selamat mencoba, ya teman!🙂
Sekali lagi, terimakasih ya Ibu Yudi Perbawaningsih..
Dan untuk kedua kalinya, Anda menjadi inspirator di blog ini!
Thanks, bu!🙂

4 thoughts on “buat daftar isi, yuk!

  1. @purbo
    laen kali, kalo mo buat daftar isi pake cara ini aja, ya.. hahaha..
    bu yudi kan dosen kesayanganmu, to nak?

    btw, kamu pk web aka kali, pur.. jdnya muncul deh di avatarmu.

    @intun
    iyaa.. tapi telat aku buatnya.. kamu malah udah kelar. ehehehe.. tapi, beneran ada lho.. temen kita yang mesti revisi lagi gr2 daftar isi aja, pdhl tinggal dikit lg acc ujian. mkny, nyesek bngt kan? hehe..

Leave a Reply

