Perjalanan Aman bagi Perempuan Petualang

….

“Sore Mbak. Saya driver O’jack Taxi Motor yang jemput Mbak. Saya sudah sampai. Apa bisa berangkat sekarang? Terima kasih.”

Begitulah isi SMS yang bisa Anda terima sesampainya di Yogyakarta, kemudian memilih jasa taksi sepeda motor seperti O’jack Taxi Motor untuk memulai petualangan. Di luar, terlihat pengendara sepeda motor yang dilengkapi atribut serba kuning siap untuk mengantarkan ke mana saja.

O’jack Taxi Motor adalah jasa taksi sepeda motor yang hadir sejak 2010 dan bisa diandalkan oleh para backpacker atau wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Kota Berhati Nyaman. Terdapat empat driver perempuan, istilah untuk pengendara taksi sepeda motor, yang membuat wisatawan perempuan merasa lebih nyaman dan aman. Sisanya, 26 driver pria juga siap melayani pelanggan.

Keuntungan yang ditawarkan taksi sepeda motor pada umumnya adalah kemudahan dalam pemesanan karena dilengkapi call center yang dapat dihubungi dari pagi hingga malam. Apabila ingin lebih efisien, simpanlah nomor telepon sang driver untuk menjadi pelanggannya selama beberapa hari hingga liburan berakhir. Dengan begitu, Anda dapat langsung berkoordinasi dengannya.

Kehadiran taksi sepeda motor juga mampu mengusir cemas bagi para pelancong perempuan yang senang menikmati wisata malam. Apalagi, destinasi yang dikunjungi memiliki akses transportasi umum yang terbatas. Segera tanyakan kesediaan driver untuk mengantar apabila Anda memiliki agenda hingga larut malam. Saling berkoordinasi adalah hal yang wajib dilakukan karena jam operasi taksi sepeda motor cukup fleksibel.

Di satu sisi, wisatawan dituntut untuk disiplin dengan waktu. Perubahan jadwal mengenai jam jemput sebaiknya memberi tahu driver terlebih dahulu, setidaknya satu jam sebelumnya. Perubahan waktu yang mendadak kerap menyulitkan driver dalam mengatur jadwal dengan customer lain.

“Kalaupun ada jam jemput yang bentrok antara customer yang satu dan yang lain, biasanya saya memilih untuk menjemput salah satu. Akan tetapi, saya juga mencarikan driver lain untuk menjemput customer yang tidak bisa saya jemput,” tutur salah satu driver perempuan.

Konsep yang membedakan antara taksi sepeda motor dengan jasa motor lainnya tentu saja adanya argometer. Fitur ini memudahkan wisatawan untuk tidak melakukan tawar-menawar tarif. Sebagai contoh, O’jack Taxi Motor memasang tarif Rp 2 per meter atau Rp 2.000 per kilometer. Meskipun harga telah tertera pasti, tak ada salahnya jika Anda memberikan tip lebih sebagai bentuk apresiasi karena telah diantarkan ke tempat tujuan wisata dengan aman dan nyaman. Selamat berkelana, wahai para perempuan petualang! [Teks ini tayang di Kompas Klasika, 18 Desember 2012]

nb:

Sebagai gambaran, berikut argo yang saya terima waktu itu.

Tarif dari Stasiun Tugu – Jalan Parangtritis (dekat Plengkung Gading): Rp 10.000

Tarif dari Jalan Parangtritis (dekat Plengkung Gading) – TBY – Mirota Kampus Babarsari: Rp 33.000 (driver termasuk argo menunggu selama 30 menit)

Jalan Parangtritis (dekat Plengkung Gading) – Ganjuran: Rp 44.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s