Surga Buatan ala Gardens by the Bay

Singapura adalah salah satu negara yang minim kekayaan alam. Akan tetapi, hal ini tak membuat Negeri Merlion kehilangan akal untuk tetap mempercantik diri dan menambah daya pikat. Melalui Gardens by the Bay, pemerintah setempat menunjukkan bahwa biota alam buatan juga mampu menciptakan pemandangan yang tak kalah memukau.

Flower Dome

Larutkanlah diri dalam musim semi abadi dengan kehadiran aneka flora unik yang terus bermekaran. Temukanlah tanaman dari daerah subtropis Mediterania.

Flower Dome dikemas dalam desain yang spektakuler dan inovatif dengan mengaplikasikan iklim yang sejuk dan kering daerah Mediterania seperti Afrika Selatan, California, Spanyol, serta Italia. Rumah bagi koleksi tanaman dari gurun di seluruh dunia ini menampilkan adaptasi tanaman terhadap lingkungan yang kering. Saat menyusurinya, jangan sungkan untuk sesekali berhenti dan mencium aroma aneka bunga dari musim yang berbeda.

Super Tree Grove

Atraksi wisata yang satu ini dikemas dengan perpaduan teknologi dan alam. Meski hasil karya buatan, hutan hujan yang terletak di Gardens by the Bay memberikan lanskap memukau. Terdapat sekitar 162.900 tanaman yang terdiri atas lebih dari 200 spesies dan varietas bromelia, anggrek, paku-pakuan, dan bunga tropis.

Para Super Tree.

Para Super Tree.

Belilah tiket 5 dollar Singapura agar bisa naik ke jembatan ini.  Dari atraksi Skywalk OCBC ini, kita dapat melihat panorama Marina Bay, Singapore Flyer, dan Singapore River. Pada sore hari, angin akan terasa kencang. Tetapi, tak perlu khawatir. Jembatan ini masih aman dan kuat.

Belilah tiket 5 dollar Singapura agar bisa naik ke jembatan ini. Dari atraksi Skywalk OCBC ini, kita dapat melihat panorama Marina Bay, Singapore Flyer, dan Singapore River. Pada sore hari, angin akan terasa kencang. Tetapi, tak perlu khawatir. Jembatan ini masih aman dan kuat.

Ada banyak tanda saat berada di skywalk. Sudah bisa dibaca kan, siapa pihak swasta yang mensponsori taman artifisial ini?

Ada banyak tanda informatif saat berada di skywalk. Sudah bisa dibaca kan, siapa pihak swasta yang mensponsori taman artifisial ini?

Super Tree dan pemandangan Marina Bay Hotel.

Super Tree dan pemandangan Marina Bay Hotel.

Super Tree dan saat jelang senja.

Super Tree dan saat jelang senja.

Saatnya bersiap-siap menutup sore.

Saatnya bersiap-siap menutup sore. Langit kala itu (10/1) memang sedang mendung.

Pohon paling besar ini baru dibuka pada sore hari. Pengunjung bisa masuk ke dalam untuk menyantap hidangan malam sembari menikmati pertunjukan OCBC Garden Rhapsody dari sana.

Pohon paling besar ini baru dibuka pada sore hari. Pengunjung bisa masuk ke dalam untuk menyantap hidangan malam sembari menikmati pertunjukan OCBC Garden Rhapsody dari sana. Saya sih mau mencoba, tapi makan sendirian di tempat seperti itu hanya akan merusak suasana berlibur.

Super Tree yang memiliki tinggi setara dengan gedung berlantai 16 ini tersebar di beberapa area. Sebanyak 11 pohon di antaranya memiliki kanopi dan berfungsi menjaga lingkungan secara berkelanjutan. Pada malam hari, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan OCBC Garden Rhapsody dengan tema The Trees of Life yang memadukan musik dan permainan cahaya yang dipancarkan setiap pohon.

Setelah sore, beberapa jam sebelum OCBC Garden Rhapsody dimulai. Ya, pohon-pohon avatar mulai memancarkan cahaya. Bukti bahwa mereka tetap ada.

Setelah sore, beberapa jam sebelum OCBC Garden Rhapsody dimulai. Ya, pohon-pohon avatar mulai memancarkan cahaya. Bukti bahwa mereka tetap ada.

OCBC GARDEN RHAPSODY. Pertunjukan asyik yang memperlihatkan pohon-pohon avatar berkelap-kelip menyesuaikan lagu. Saya menikmati pertunjukan pertama pada 19:45 waktu setempat. Pertunjukan yang dinikmati secara gratis ini berlangsung cukup lama. Saya lebih memilih untuk menikmatinya dari bawah sembari merebahkan tubuh (mengikuti para wisatawan domestik). Asyik, kan?

OCBC GARDEN RHAPSODY. Pertunjukan asyik yang memperlihatkan pohon-pohon avatar berkelap-kelip menyesuaikan lagu. Saya menikmati pertunjukan pertama pada 19:45 waktu setempat. Pertunjukan yang dinikmati secara gratis ini berlangsung cukup lama. Saya lebih memilih untuk menikmatinya dari bawah sembari merebahkan tubuh (mengikuti para wisatawan domestik). Asyik, kan?

IMG_8176-2

Heritage Gardens

The Heritage Gardens merupakan area berkumpulnya empat kebun bertema yang akan membawa pengunjung menelisik sejarah dan budaya tiga kelompok etnis utama Singapura dan masa lalu kolonial. Ketika Anda menyusuri taman, temukanlah kontribusi cerita dari kelompok etnis yang berbeda-beda mengenai sejarah pembentukan Singapura.

Salah satu tema yang dihadirkan adalah the Malay Garden dengan “a Reflection Community”, menekankan pada peran buah yang dapat dikonsumsi dan dimanfaatkan sebagai tanaman obat bagi penduduk Melayu setempat. Terdapat pula the Colonial Garden dengan “a Reflection Ambition”, taman yang mencakup isu-isu seperti jenis-jenis tanaman yang menguntungkan sehingga mampu membentuk sejarah dan aspek ekonomi Singapura.

***

Di antara ketiga zona tersebut, saya hanya sempat berjalan-jalan ke zona Super Tree Grove. Tiba pada sore hari, lalu terpana hingga malam hari karena terlalu asyik menonton OCBC Garden Rhapsody. Apabila ingin mengunjungi Gardens by the Bay, singgahlah sejak pagi hari dan mulailah menjelajahi beberapa zona yang ada dengan tujuan akhir Super Tree Grove. Jadwal pertunjukan, biaya tiket masuk, dan event terkini bisa disimak di situs resmi. Informasi tersebut wajib jadi bekal sebelum kita pergi ke sana.

Beruntung, saya berjumpa dengan solo traveler lain ketika di skywalk. Awalnya, ia meminta tolong supaya difoto. Kemudian, perempuan yang berasal dari Myanmar tersebut menawarkan diri untuk memotret saya. Jelaslah, saya mau difoto. Hahaha. Terima kasih banyak, ya mba.

Berjumpa dengan solo traveler yang juga perempuan membuat saya merasa "kamu, ndak sendirian, Ndes".

HASIL JEPRETAN MBAK YANG DARI MYANMAR. Berjumpa dengan solo traveler yang juga perempuan tidak membuat saya sendirian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s