Apa kabar #ceritauntukIndawa malam ini?

Selamat malam, kawan-kawan pemerhati #ceritauntukIndawa. Menyenangkan bisa mengenal kalian semua yang menjadi perpanjangan tangan #ceritauntukIndawa. Saling sapa dalam kata, bertemu dalam ruang maya maupun nyata, berdiskusi, atau saling mendukung melalui doa yang diam-diam dipanjatkan. Menyenangkan, menenangkan. Terima kasih banyak… Semesta memang maha baik. Sangat baik. Dan, selalu tahu yang terbaik.

Kabar #ceritauntukIndawa begitu baik, sangat baik. Berkat kalian semua. Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan terkait banyaknya kabar terbaru setelah kami berdiskusi lintas kota, bahkan pulau.

1.  Oh, iya jumlah buku yang terkumpul sudah berapa ya?

Berdasarkan laporan mingguan III (23/3), jumlah buku dari Yogyakarta dan Jakarta mencapai 301. Data per 27 Maret, jumlah mencapai 701 buku dan dipastikan akan terus bertambah.

 

2. Kalau beratnya, bagaimana?

Ya, ini juga penting untuk diperhatikan. Berat total (dari dropbox Jakarta dan Jogjakarta) adalah 92 kilogram (data update per 27 Maret). Jumlah ini juga akan bertambah sampai 31 Maret mendatang.

 

3. Kalau donasi uang, bagaimana?

Dalam empat hari (23-26 Maret), berhasil menggalang dana sebesar Rp 3,4 juta. Hingga, update per 27 Maret 2014, mencapai Rp 8.153.000. Ini berkat bantuan teman-teman semuanya. Bantuan dalam wujud apapun karena siapapun yang menjadi perpanjangan tangan sangat sangat sangat membantu kami.

 

4.  Dana nanti dipakai untuk apa?

Pengiriman buku (Jakarta-Jogjakarta. Yogyakarta-Wamena), pembelian buku baru, dan agar-agar instan. Prioritas utama kami adalah mengirimkan buku-buku #ceritauntukIndawa dari Yogyakarta-Wamena. Kami sudah membuat skenario jika berat paket mencapai 120 kilogram pada jelang pengiriman. Dana masih aman. Berikut ini rincian anggaran pengeluaran kami.

Rincian pengeluaran jika berat paket mencapai 120 kilogram pada hari H.

Saldo per 27 Maret 2014 = Rp 8.153.000

Biaya YK-Wamena 1 kg x 70.500 = 70.500119 kg x 53.000 = 6.307.000 6.377.500
Alokasi dana pengiriman buku Jakarta-Jogjakarta (biaya per kilogram adalah Rp 15.000) 1.000.000
Pembelian buku baru 500.000
Sisa dana   275.500 Digunakan untuk beli agar-agar, biaya keperluan packing (kardus, dsb), dan buku baru lagi (menyesuaikan dengan sisa dana)

Lalu, pengeluaran berikutnya adalah mengalokasikan dana untuk pengiriman buku-buku dropbox Jakarta menuju Jogjakarta (berat paket sementara adalah 46 kilogram, tapi akan terus bertambah karena masih banyak yang belum ditimbang). Sisa dana akan dikonversikan buku cerita kembali tapi tetap memperhitungkan dana untuk biaya pengiriman “baru” karena adanya penambahan beban. Lalu, kami juga belikan agar-agar instan secukupnya. Tak sampai Rp 50.000. Kenapa agar-agar? Mereka jarang sekali menikmati agar-agar. Coba simak ceritanya di sini.

Pada intinya, semua donasi yang diterima akan digunakan sebaik-baiknya demi adik-adik SD Inpres Indawa. Kami menerima amanah dari kawan-kawan para donatur dan pemerhati #ceritauntukIndawa. Kami pun bergerak demi mereka.

 

5. Eh, sebentar, deh. Tadi jalurnya Yogyakarta ke Wamena. Ndak jadi dari Jakarta?

Iya. Benar. Ada perubahan jalur pengiriman dari rencana semulam, Jakarta-Wamena. Sekarang, Jogjakarta-Wamena. Pakai jasa Kerta Gaya Pusaka (KPG). Jasa ini sudah pernah dipakai teman Ino. Ternyata, seorang teman kampus juga pernah menggunakan jasa ini. Paket akan sampai sekitar 5 hingga 7 hari. Menurut petugas, jadwal penerbangan ke Wamena saat ini semakin dikurangi dibandingkan kota lainnya di Papua. Jadi, konsumen diajak untuk lebih memahami.

Biaya kilo pertama Rp 70.500 per kilogram. Kilo berikutnya, Rp 53.000 per kilogram (harga ini lebih murah ketimbang Rp 74.000 per kilogram yang sempat kami umumkan sebelumnya). Via pesawat. Pak guru Ino tidak menyarankan untuk menggunakan kapal meski harga pengiriman akan lebih murah. Pengiriman paket dengan kapal cenderung memiliki risiko lebih banyak dan durasi pengiriman akan semakin lama ketimbang pengiriman via pesawat.

 

6. Kalau KPG cabang Jakarta, gimana? Apakah harganya lebih murah?

Kami sudah hubungi cabang Jakarta. Ini yang kami dapat. Kilo pertama, Rp 86.900 per kilogram.

Kilo berikutnya, Rp 81.900 per kilogram. Wow ya. Belum lagi, pengeluaran untuk mengalihkan dropbox Jogja ke Jakarta dulu. Kami ingin menjadikan satu paket lebih dulu agar tidak tercecer dan lebih rapi sehingga dilacak lebih mudah dan efisien.

 

7.  Lalu, selanjutnya bagaimana?

Dropbox Jogjakarta dan Jakarta akan ditutup sampai tanggal 31 Maret 2014 karena selanjutnya akan dilakukan tahap packing supaya tidak terburu-buru. Kami ingin memastikan buku tersusun rapi, tidak rusak. Pengiriman buku yang ada di Jakarta menuju Yogyakarta akan dilakukan pada 5 April 2014. Batas maksimal pengiriman dari Yogyakarta-Wamena adalah 12 April 2014.

8.  Bagaimana dengan donasi finansial?

Kami akan terus menggalang dana pada 31 Maret sembari menghitung total berat yang didapat. Bagaimana pun, kami terus berjaga-jaga agar pemasukan buku sesuai dengan pemasukan biaya kirim sehingga buku-buku bisa diangkut semuanya.

Poster oleh bung Diki dan Jallu. Terima kasih banyak ya... :)

Poster oleh bung Diki dan Jallu. Terima kasih banyak ya…🙂

Sekali lagi. Pada intinya, semua donasi yang diterima akan digunakan sebaik-baiknya demi adik-adik SD Inpres Indawa. Kami menerima amanah dari kawan-kawan para donatur dan pemerhati #ceritauntukIndawa. Ini demi mereka.

Terima kasih atas bantuan kalian selama ini. Tanpa kalian, #ceritauntukIndawa tidak akan berjalan jauh hingga saat ini. Terima kasih banyak. Doakan semoga segalanya lancar.

Mereka punya mimpi. Pun kami, kamu, dan kita semua. Kita semua ingin buku-buku #ceritauntukIndawa bisa tiba di tujuan. Mereka membaca, menceritakan kembali kepada teman sebaya. Hingga pada akhirnya, kita semua benar-benar melihat Indawa semakin berwarna… :’)

Selamat malam. Semesta menyertai.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s