Oh, Mitha Talahatu

Sayang beta su seng tahang lai
Mau baku dapa deng ale
Hati gelisah beta seng bisa sandiri…

Mitha Talahatu. Nama biduanita ini saya dengar pertama kali sekitar Mei 2014. Sewaktu menikmati (sebagian kecil) Maluku bersama Mba Adit.
Kami punya pengalaman unik dengan penyanyi yang satu ini. Tidak. Kami tidak bertemu langsung dengannya. Tapi, sosoknya seolah-olah terus mengikuti kami.

Pertama, suara Mitha kami kenal dari lagu yang disetel driver A. Awalnya, kami masih biasa saja. Saat naik oto (angkutan kota), kami kembali mendengar lagu Mitha. Saat pindah lokasi, kami akhirnya malah rikues lagu Mitha kepada driver yang lain.

“Tenang, beta punya satu album…” begitu katanya. Bahkan, sang driver menceritakan sedikit kisah hidup Mitha Talahatu (lalu mengajak kami berfoto-ria di salah satu spot yang mirip di video klipnya Mitha). Katanya, ketenaran Mitha kemungkinan sudah menyebar sampai wilayah timur Indonesia.

Saat naik feri, terlihat penumpang asyik karaoke lagu Mitha, “Sayang”. Lalu, kami pun bertanya-tanya. Di manakah tempat karaoke dengan daftar lagu Mitha?

Kembali ke Ibu Kota, kami menyebarkan virus Mitha kepada teman kantor. Melacak keberadaan Mitha di Youtube. Dan, bersenandung lagi. Plus, mencocokkan cerita sang driver dengan video musik “Dua Hati Satu Cinta” :p

Nyaris luntur dalam ingatan, ternyata saya kembali tersihir dengan pesona Mitha.
April 2015, saya mendengar salah satu lagunya bergaung saat penyambutan relawan di halaman sekolah penempatan Rote Mengajar, SDI Moklain, Rote Tengah, NTT. Lalu, saya mengobrol dengan salah satu anak di sana. “Senang dengan Mitha kah? Mitha pernah datang ke sini?” Katanya, Mitha pernah datang ke Kupang.

Ketika kembali ke Kupang, saya iseng bertanya kepada sang driver. “Ada lagu Mitha, Kak?”

Dia pun kaget. “Kakak asal dari Timor kah? Kenapa bisa kenal Mitha?” Dia mengira, saya berasal dari Ambon. “Biasanya yang kenal Mitha itu pasti orang Ambon atau daerah Timor lainnya,” lanjutnya. Ini kedua kalinya saya dikira dari Ambon. Senang juga. Hehehe… Dia pun mengoleksi lagu satu album. Lagu Mitha pun terdengar di dalam mobil. Dan, betul. Mitha pernah datang ke Kupang. Banyak pula yang nonton 😊

Kejutan lagi. Lagu Mitha terdengar di Jayapura pada akhir Agustus 2015. Lagi-lagi di mobil sang driver. Refleks, saya pun senyum-senyum. Teringat pengalaman sebelumnya.

Tapi, sekarang pertanyaan telah terjawab. Tempat karaoke yang menyediakan lagu Mitha Talahatu adalah Inul Vizta cabang Timika, Papua! Hehehe… Sayang sekali, saya sedang tak bersama Mba Adit.

Selama dalam perjalanan, lagu “Sayang” yang paling sering terdengar. Lainnya, “Dua Hati Satu Cinta”, “Mungkin Aku Keliru”, “Sampe Kapan”, dan “Beta Seng Marah”.  Saya sangat salut kepada Mitha. Penyanyi lokal yang mengenalkan musik dengan bahasa daerah, tetapi bisa membuat pendengar asal daerah lain ikut jatuh hati. Lagu menjadi salah satu media untuk merawat bahasa lokal.

Entahlah. Mendengar lagu Raisa, Tulus, atau Sheila on 7 di luar Pulau Jawa rasanya sudah biasa. Ketika saya mendengar lagu Mitha di luar Ambon, saya ikut senang. Bertambah senang jika suaranya semakin bergaung di seluruh penjuru Nusantara. Berkat Mitha, saya juga ikut belajar bahasa (galau) Ambon 😁

Dangke banyak, oh Mitha Talahatu.

2 thoughts on “Oh, Mitha Talahatu

  1. Hai..sebenarnya lagu mitha telah sampai ke malaysia juga..sy org m’sia nikah sama org ambon..sy senang dengar lagu2 mitha..kalau pulang ke ambon,pasti bawa ole2 vcd mitha pulang ke m’sia..semoga mitha sukses selalu.

    • Hai.. Terima kasih sudah menambahkan informasi. Ikut senang dan bangga, lagu Mitha juga sudah sampai di Malaysia. Semoga karya-karya Mitha semakin dikenal banyak orang. Terima kasih juga sudah mampir🙂

Leave a Reply

