Yang Manis, yang Bersejarah

Anda yang pernah berkunjung ke Yogyakarta atau Solo sebaiknya tak melewatkan kota kecil yang berada di antaranya, yaitu Klaten. Tak kalah unik, kota berjuluk Klaten Bersinar (Bersih, Sehat, Indah, Nyaman, Aman, Rapi) ini juga memiliki obyek wisata yang bisa menjadi pilihan. Salah satunya adalah Wisata Agro Gondang Winangoen yang terletak di Jalan Raya Jogja-Klaten Kilometer 5, Klaten, Jawa Tengah.

Obyek wisata yang dapat Anda lihat di pinggir jalan raya ini telah direvitalisasi setahun yang lalu sehingga tampilannya lebih menarik. Gapura besar berwarna putih, taman hijau, dan air mancur di bagian depan pun mampu mengundang rasa penasaran para pelancong untuk mengunjunginya. Di dalam kompleks wisata ini, terdapat banyak tempat yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Museum Gula Gondang Baru yang diresmikan pada 11 September 1982.

3a copy

3d copy

“Sudahkah Anda bersyukur hari ini?” adalah quote of the day kala itu (1/12/2012).🙂

Memasuki ruang pameran, Anda akan menemukan jenis-jenis tebu yang diawetkan serta peralatan atau mesin-mesin yang digunakan pabrik gula baik manual maupun modern. Ada pula alat-alat laboratorium, berbagai macam timbangan dari segala ukuran, hingga maket Pabrik Gula Tasikmadu-Karanganyar yang diperbaharui 20 Mei 1926.

Sementara itu, di ruang terakhir, pengunjung seolah-olah berada di ruang kerja kepala stasiun lengkap dengan meja dan kursi kerja di dekat pintu keluar museum. Perhatian juga akan terusik saat melihat sejumlah mesin ketik dan mesin hitung antik buatan 1900-an yang disusun rapi.

Usai menjelajahi ruang pameran, berjalan-jalanlah di luar museum untuk melihat lokomotif kuno yang bernama “Simbah”. Ada pula lokomotif buatan Jerman produksi 1901 yang berbentuk pedati. Pada masa silam, lokomotif ini berfungsi sebagai pengangkut tebu dari ladang menuju pabrik dan moda transportasi untuk inspeksi di perkebunan. Fasilitas lain yang dapat Anda manfaatkan adalah perpustakaan yang berada di samping ruang pameran. Dengan biaya masuk Rp 5.000 per orang, Anda dapat menikmatinya bersama keluarga.

3e copy

Sayangnya, waktu itu saya datang terlalu siang ke Gondang Winangoen, lewat jam 2 siang. Alhasil, Gendis sudah masuk ke dalam “rumah”. Agar tak melewatkan, datanglah sebelum pukul 13.00 WIB. Kalau ingin jalan-jalan bersamanya, datanglah hari Minggu.

Anda juga dapat memesan paket wisata dengan harga khusus agar dapat berekreasi di Green Park dengan area outbond. Ajaklah anak-anak untuk bepergian bersama Kereta Api Gendis Manis mengelilingi emplasemen (tempat terbuka) Pabrik Gula Gondang Baru yang tak jauh dari museum. Atraksi wisata yang unik, bukan? [Teks ini tayang di Kompas Klasika, 24 Desember 2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s